Judul
Jurnal
|
Peran
Public Relation Dan Media Relation Dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand
Clarion Kendari
|
Vol
dan Hlm
|
Vol.
1, No. 2, Hal 1-14
|
Tahun
|
2016
|
Penulis
|
Seniwati,
Siti Harmin, dan Hasriyani Amin
|
Reviewer
|
M.
ALDI TRIHANDINI (11643100081)
|
Tanggal
|
2
November 2018
|
· Latar Belakang
Suatu
organisasi atau perusahaan memandang perlunya manajemen reputasi/citra.
Pertanyaan ini sangat signifikan untuk diajukan. Karena kini, publik telah
mengalami perubahan begitu cepat dalam mencermati lingkungan yang ada di
sekitarnya. Publik telah memiliki ruang yang lebih luas untuk memantau sepak terjang
organisasi/perusahaan baik yang berkaitan dengan produk/jasa, pengelolaan
organisasi/perusahaan sampai kinerja suatu perusahaan. Sehingga, tuntutan untuk
terus menjaga citra (image) baik menjadi sesuatu yang mendesak.
Citra yang baik
dari suatu organisasi akan mempunyai dampak yang menguntungkan, merupakan aset,
karena citra mempunyai suatu dampak pada persepsi publik
dari komunikasi dan
operasi organisasi dalam
berbagai hal, sedangkan citra
yang jelek akan merugikan organisasi. Dalam jangka panjang citra baik membawa
banyak manfaat, baik pada saat organisasi sedang jaya maupun pada saat-saat
organisasi menghadapi berbagai macam krisis.
Perkembangan PR
di Indonesia memang tidak terlalu pesat, namun secara bertahap peranan PR dalam
sebuah perusahaan semakin terlihat sesuai dengan kebutuhan masing-masing
perusahaan. Bidang komunikasi dan PR menjadi salah satu ujung tombak perusahaan
untuk bersaing dalam era globalisasi. Hal ini disebabkan karena
perusahaan-perusahaan akan saling bersaing menciptakan image positif
untuk mendongkrak citra
perusahaan. Oleh karena
itu PR juga menentukan
kelangsungan hidup suatu organisasi atau perusahaan. Public Relations dan media
massa atau pers tidak dapat dipisahkan satu sama lain, keduanya saling
membutuhkan untuk membentuk sinergi positif. PR menjadi sumber berita terupdate
bagi pers sedangkan pers menjadi sarana publisitas bagi PR agar perusahaan
lebih dikenal oleh publik dan masyarakat.
Dengan hadirnya
media massa, mempermudah informasi disebarkan luaskan secara cepat kepada
public, dan melalui media relations PR dapat membentuk opini positif dari
masyarakat. Media massa masih menjadi sarana yang cepat dan murah untuk
menjangkau orang banyak serta dipercaya dibandingkan jika PR harus turun
langsung bertemu dengan masyarakat.
·
Tujuan
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Public
Relation Dan Media Relation Dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion
Kendari.
·
Metodologi
Penelitian ini
menggunakan pendekatan metode kualitatif untuk menghasilkan deskripsi yang
orisinil dengan sudut pandang komunikasi.
Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh public internal dan public eksternal Hotel
grand Clarion Kendari.
Penelitian ini
menggunakan empat jenis teknik pengumpulan data, yaitu observasi (penelitian
lapangan), wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.
Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu
meneliti dan mengolah data dan segala jenis informasi. Data yang diperoleh
kemudian diuraikan dalam bentuk uraian secara logis dan sistematis yang
didukung yang ada pada penelitian ini.
·
Hasil
Peran Public
Relations dalam suatu perusahaan sangat penting keberadaannya, karena seorang
praktisi PR harus mampu membina hubungan baik dengan publik PR. Dalam
menjalankan fungsinya seorang PR membutuhkan media atau alat komunikasi yang
berfungsi sebagai media penghubung arus informasi ataupun pesan yang disampaikan
kepada publik. Sebagaimana fungsi Penyiaran Informasi (to inform) ialah
menyampaikan informasi yang berkaitan dengan peristiwa, gagasan atau pikiran
orang lain, apa yang dilakukan orang lain, apa yang dikatakan orang lain atau
special event (Wardhani, 2008:25). Dengan media juga merk atau yang sering
disebut brand dapat dikenal publik yang pada akhirnya dapat meningkatkan brand
yang sekaligus dapat membantu promosi dalam penjualan produk serta bisa
meningkatkan citra perusahaan.Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan
public relations, efektif dalam membangun pengenalan merk dan pengetahuan merk,
mendukung bauran komunikasi (Nurjasman, 2012:113).
·
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan,
dapat ditarik kesimpulan bahwa public relation dan media relation menunjukan kerja
sama yang baik untuk membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari dalam
kerja sama tersebut bukan hanya menyangkut pada lingkup professional akan
tetapi sampai kepada
tahap personal.
Salah
satu cara membangun hubungan
antara public relation dan media relation adalah melakukan pendekatan yang
sistematis dan bijaksana. Bahwa selain membina hubungan secara fungsional,
Public Relations harus berusaha untuk selalu mengembangkan hubungan
interpersonal dengan media relation. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan
pendekatan informal dengan mengadakan kontak pribadi secara berkala dengan
media relation agar kerja sama tetap terjalin dengan baik seperti yang terjadi
sekarang ini.
·
Kelebihan
Penelitian
1.
Penjelasan
yang detail.
2.
Dasar
teori yang digunakan tepat.
·
Kekurangan
Penelitian
1.
Masih
kurangnya analisis yang dilakukan oleh peneliti.
2.
Sumber
referensi yang digunakan juga sudah tergolong lama. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan referensi yang terbaru.
Untuk kalian
yang ingin melihat sumber atau jurnal lengkapnya bisa klik disini.
0 komentar:
Posting Komentar