Jumat, 02 November 2018

Review Jurnal Tentang Peran Public Relation Dan Media Relation Dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari



Judul Jurnal
Peran Public Relation Dan Media Relation Dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari
Vol dan Hlm
Vol. 1, No. 2, Hal 1-14
Tahun
2016
Penulis
Seniwati, Siti Harmin, dan Hasriyani Amin
Reviewer
M. ALDI TRIHANDINI (11643100081)
Tanggal
2 November 2018

·        
Latar Belakang

Suatu organisasi atau perusahaan memandang perlunya manajemen reputasi/citra. Pertanyaan ini sangat signifikan untuk diajukan. Karena kini, publik telah mengalami perubahan begitu cepat dalam mencermati lingkungan yang ada di sekitarnya. Publik telah memiliki ruang yang lebih luas untuk memantau sepak terjang organisasi/perusahaan baik yang berkaitan dengan produk/jasa, pengelolaan organisasi/perusahaan sampai kinerja suatu perusahaan. Sehingga, tuntutan untuk terus menjaga citra (image) baik menjadi sesuatu yang mendesak.

Citra yang baik dari suatu organisasi akan mempunyai dampak yang menguntungkan, merupakan aset, karena citra mempunyai suatu dampak pada persepsi  publik  dari  komunikasi  dan  operasi  organisasi  dalam  berbagai  hal, sedangkan citra yang jelek akan merugikan organisasi. Dalam jangka panjang citra baik membawa banyak manfaat, baik pada saat organisasi sedang jaya maupun pada saat-saat organisasi menghadapi berbagai macam krisis.

Perkembangan PR di Indonesia memang tidak terlalu pesat, namun secara bertahap peranan PR dalam sebuah perusahaan semakin terlihat sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Bidang komunikasi dan PR menjadi salah satu ujung tombak perusahaan untuk bersaing dalam era globalisasi. Hal ini disebabkan karena perusahaan-perusahaan akan saling bersaing menciptakan image  positif  untuk  mendongkrak  citra  perusahaan.  Oleh  karena  itu  PR  juga  menentukan kelangsungan hidup suatu organisasi atau perusahaan. Public Relations dan media massa atau pers tidak dapat dipisahkan satu sama lain, keduanya saling membutuhkan untuk membentuk sinergi positif. PR menjadi sumber berita terupdate bagi pers sedangkan pers menjadi sarana publisitas bagi PR agar perusahaan lebih dikenal oleh publik dan masyarakat.

Dengan hadirnya media massa, mempermudah informasi disebarkan luaskan secara cepat kepada public, dan melalui media relations PR dapat membentuk opini positif dari masyarakat. Media massa masih menjadi sarana yang cepat dan murah untuk menjangkau orang banyak serta dipercaya dibandingkan jika PR harus turun langsung bertemu dengan masyarakat.

·         Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Public Relation Dan Media Relation Dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari.

·         Metodologi

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif untuk menghasilkan deskripsi yang orisinil dengan sudut pandang komunikasi.

Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh public internal dan public eksternal  Hotel  grand  Clarion  Kendari.

Penelitian ini menggunakan empat jenis teknik pengumpulan data, yaitu observasi (penelitian lapangan), wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu meneliti dan mengolah data dan segala jenis informasi. Data yang diperoleh kemudian diuraikan dalam bentuk uraian secara logis dan sistematis yang didukung   yang  ada pada penelitian ini.

·         Hasil

Peran Public Relations dalam suatu perusahaan sangat penting keberadaannya, karena seorang praktisi PR harus mampu membina hubungan baik dengan publik PR. Dalam menjalankan fungsinya seorang PR membutuhkan media atau alat komunikasi yang berfungsi sebagai media penghubung arus informasi ataupun pesan yang disampaikan kepada publik. Sebagaimana fungsi Penyiaran Informasi (to inform) ialah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan peristiwa, gagasan atau pikiran orang lain, apa yang dilakukan orang lain, apa yang dikatakan orang lain atau special event (Wardhani, 2008:25). Dengan media juga merk atau yang sering disebut brand dapat dikenal publik yang pada akhirnya dapat meningkatkan brand yang sekaligus dapat membantu promosi dalam penjualan produk serta bisa meningkatkan citra perusahaan.Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relations, efektif dalam membangun pengenalan merk dan pengetahuan merk, mendukung bauran komunikasi (Nurjasman, 2012:113).

·         Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa public relation dan media relation menunjukan kerja sama yang baik untuk membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari dalam kerja sama tersebut bukan hanya menyangkut pada lingkup professional   akan   tetapi   sampai   kepada   tahap   personal.   

Salah   satu   cara membangun hubungan antara public relation dan media relation adalah melakukan pendekatan yang sistematis dan bijaksana. Bahwa selain membina hubungan secara fungsional, Public Relations harus berusaha untuk selalu mengembangkan hubungan interpersonal dengan media relation. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan informal dengan mengadakan kontak pribadi secara berkala dengan media relation agar kerja sama tetap terjalin dengan baik seperti yang terjadi sekarang ini.

·         Kelebihan Penelitian

1.         Penjelasan yang detail.
2.         Dasar teori yang digunakan tepat.

·         Kekurangan Penelitian

1.         Masih kurangnya analisis yang dilakukan oleh peneliti.
2.         Sumber referensi yang digunakan juga sudah tergolong lama. Alangkah lebih baiknya jika   menggunakan referensi yang terbaru.

Untuk kalian yang ingin melihat sumber atau jurnal lengkapnya bisa klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar